• Kamis, 12 Desember 2019
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Berita Foto
  • Berita Video
  • Infografis
  • Magazine
  • Indeks
IPTEK

Lima Program Berkualitas KPI Tahun 2019

IPTEK

Menkominfo: Infrastruktur Digital Perkecil Disparitas Sosial

IPTEK

Menkominfo Tegaskan Pemerintah Terus Bangun Infrastruktur Last Mile

Lingkungan Hidup

Menkominfo Pro Pembangunan Berkelanjutan dan Perlindungan Lingkungan Hidup

  • Kamis, 12 Desember 2019
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Berita Foto
  • Berita Video
  • Infografis
  • Indeks
  • Home
  • Ekonomi
  • Perdagangan
  • Industri
  • Keuangan
  • Energi
  • Infrastruktur
  • Pariwisata
  • Kemaritiman
  • Pertanian

Sajikan Menu Indonesia, Kemenpar Gandeng Restoran-Restoran Asia di LN

  • Minggu, 14/07/2019 06:12
  • Oleh DeeWaluyo
Berita Lainnya
  • Dirjen Kemenhub: Indonesia Punya 22 Ribu Pelaut Perempuan
  • Kota Batam, Bali Kedua di Sektor Pariwisata
  • Menkominfo Bangga Indonesia Sukses Pertahankan 3 Slot Orbit Satelit
  • Ikuti Jejak Indonesia, Sejumlah Negara Tetangga Gunakan Biodiesel
Kemenpar kerja sama dengan restora-restoran Asia di luar negeri sajikan Menu Indonesia . (Foto: Kemenpar)

Ini adalah sebuah cara diplomasi kuliner dalam memperkenalkan destinasi wisata Indonesia. Sebuah cara yang smart dan cepat.

JPP, JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng sejumlah restoran khas Asia di luar negeri untuk dapat bekerja sama menyajikan menu khas Indonesia sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan ke Tanah Air.

Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar, Vita Datau di Jakarta, Sabtu (13/7/2019) menjelaskan upaya itu sebagai cara cerdas untuk berdiplomasi kuliner di negeri tetangga tanpa harus menambah jumlah restoran.

“Jadi, kita ‘memancing’ di restoran mancanegara yang menyajikan masakan dari negara Asia. Caranya, memberikan menu khas Indonesia untuk memikat lidah. Lewat pengenalan ini, kita harapkan wisatawan akan mendapatkan kesan,” kata Vita.

Dengan cara ini, Kemenpar tidak harus bersusah payah menambah jumlah restoran Indonesia di luar negeri. Cukup menambah penyebaran menu khas Indonesia. Dan menggandeng restoran khas Asia lainnya.

“Ini adalah sebuah cara diplomasi kuliner dalam memperkenalkan destinasi wisata Indonesia. Sebuah cara yang smart dan cepat. Kita ‘take over’ menu dari restoran budaya Asia lainnya dengan menu khas Indonesia,” paparnya.

Vita menjelaskan, banyak wisatawan terinspirasi untuk mencoba kuliner saat mengunjungi destinasi. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan. 

Untuk segmen wisata kuliner, biasanya wisatawan akan memutuskan destinasi tujuan karena beberapa alasan. Seperti ingin mempelajari dan merasakan rasa otentik. Juga mendapat pengalaman kuliner yang baru.

“Hal seperti ini banyak sekali terjadi pada wisatawan dari Amerika Serikat, Australia, dan Inggris. Kita mengacu pada data dari Good Indonesian Food, sebuah gastronomic tourism activities operator terbesar di Indonesia yang senantiasa membantu foodie of the world,” kata Vita.

Untuk mendukung menu take over, Wonderful Indonesia mengundang chef dari 3 restoran Asia terkemuka di London, yaitu Sticky Mango, Shan Shui, dan Rasa Sayang.

Mereka diajak berkunjung ke Indonesia mengeksplorasi warisan kuliner Indonesia serta, mengenal lebih lanjut berbagai destinasi. Selain itu juga kegiatan wisata kuliner yang bisa dilakukan di Indonesia.

Sticky Mango adalah restoran Asia Tenggara modern terletak di Waterloo. Sticky Mango merupakan satu-satunya restoran khas Asia Tenggara yang selalu masuk menjadi top 10 restoran di London Besar pada situs TripAdvisor.

Sedangkan Shan Shui adalah restoran masakan Asia yang terletak di Blister Village, sebuah kompleks factory outlet terbesar di Inggris. Dan Rasa Sayang adalah restoran masakan khas Asia Tenggara yang pertama ada di London, Inggris. Lokasinya tepat di Chinatown London yang sangat ikonik.

“Para chef yang diundang akan melakukan berbagai kegiatan di Bali sejak 10 – 18 Juli 2019. Adapun kegiatan mereka adalah food tour, cooking class, tradisional market exploration, hingga cultural dining immersion,” katanya.

Semua kegiatan ini membantu para Chef untuk dapat mengenali esensi dari masakan Indonesia. Dan, membantu mereka untuk dapat menciptakan resep masakan Indonesia di negara mereka.

Ketika kembali ke London, para chef di ketiga restoran ini harus memasukan Indonesia ke dalam menu mereka. Serta menjadikan masakan Indonesia sebagai fokus menu promosi di restoran mereka. Dengan kata lain menjadi mitra kita untuk mempromosikan wisata kuliner. 

“Cara ini diharapkan akan menggugah keinginan calon wisatawan dari Inggris. Mereka yang tadinya akan datang ke negara Asia lainnya, menjadi ingin mengubah destinasi tujuan liburannya ke Indonesia,” ujar Vita. (par)

  • Tags:
  • Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja Dan Kuliner Kemenpar Vita Datau
  • Kuliner
  • Chef
  • Menu Indonesia

Lihat Juga

Dua Industri Top Korsel Ini Minat Investasi di Sektor Kimia dan Elektronik

Sambangi Korea, Menperin: Lotte Chemical Tambah Investasi Jadi USD 4,3 Miliar

Akselerasi Industri Perikanan, Menteri Edhy Serahkan 407 SIUP

Ini Syarat Pencairan Dana Desa

Ini Proses Penyaluran Dana Desa

Berita Terbaru

  • Lima Program Berkualitas KPI Tahun 2019

  • Menkominfo: Infrastruktur Digital Perkecil Disparitas Sosial

  • Menkominfo Tegaskan Pemerintah Terus Bangun Infrastruktur Last Mile

  • Kota Batam, Bali Kedua di Sektor Pariwisata

Terpopuler

  • 01

    Terobosan Lagi, Surat Pindah Bisa Diurus di Dukcapil Terdekat

  • 02

    Indonesia Menjadi Produsen Sekaligus Konsumen Terbesar Minyak Sawit

  • 03

    Pusat Kerukunan Umat Beragama Petakan Isu Toleransi Selama 2019

  • 04

    Rasa Bangga Praveen Jordan/Melati Daeva Sumbangkan Emas SEA Games 2019

  • 05

    Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”

  • 06

    Kementerian PANRB: Pencegahan Radikalisme Dimulai Sejak Seleksi CPNS 

  • 07

    Ikuti Jejak Indonesia, Sejumlah Negara Tetangga Gunakan Biodiesel

  • 08

    Sekjen: Kemenag Dukung Penuh Tindaklanjut Inpres Nomor 7 Tahun 2019

  • 09

    Ini Dia 10 Tindakan ASN yang Dapat Diadukan Sebagai Tindakan Radikal

  • 10

    Hemat Devisa, Minyak Biodisel Sanggup Gantikan Impor Solar Senilai Rp 51,73 Triliun

 

 

© Copyright 2019 jpp.go.id

  • Home
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • Disclaimer