• Minggu, 08 Desember 2019
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Berita Foto
  • Berita Video
  • Infografis
  • Magazine
  • Indeks
Keuangan

Australia Investasi Jutaan Dollar Untuk Garam di Nagekeo

Kemaritiman

Menko Luhut: Energi Hijau Bantu Tekan Neraca Transaksi Berjalan

Kemaritiman

12 Poin Kesepakatan KKP 2019

IPTEK

Lima Perusahaan Ini Penerima Award Loyal Customer

  • Minggu, 08 Desember 2019
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Berita Foto
  • Berita Video
  • Infografis
  • Indeks
  • Home
  • Polhukam
  • Politik
  • Hukum
  • Hankam
  • Pemerintahan
  • Internasional

Kemlu Terima Anugerah Kepatuhan Tertinggi Pelayanan Publik Tahun 2019

  • Kamis, 28/11/2019 11:27
  • Oleh Norvan Akbar
Berita Lainnya
  • Menteri Tjahjo Ungkap 3 Alasan Pentingnya Daya Saing Bagi Sebuah Bangsa
  • Menlu Retno Gelar 7 Pertemuan Bilateral, Ini Hasilnya
  • Bangun Ekosistem Riset Nasional, Penerima Beasiswa Diminta Belajar
  • Menristek/KaBRIN: Lembaga Litbang Komponen Pilar Kapabilitas Inovasi
Menlu Retno Marsudi saat menerima penghargaan Kepatutan Tertinggi untuk Pelayanan Publik, di Jakarta, Rabu (27/11/2019). (kln)

JPP, JAKARTA - Setelah melewati proses seleksi yang ketat, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melalui Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler berhasil menerima penganugerahan Kepatutan Tertinggi untuk Pelayanan Publik tahun 2019 dari Ombudsman Republik Indonesia. 

“Tiga hal yang harus terus dipertahankan oleh Kemlu adalah perubahan mindset dari Pejabat, standarisasi pelayanan publik, dan inovasi pelayanan publik," ujar Menlu Retno Marsudi saat menerima penghargaan tersebut di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Menurutnya, penghargaan ini merupakan sebuah hasil dari kerja keras dan komitmen seluruh lapisan di Kemlu.

Pada tahun 2018, Kemlu masih belum dapat memenuhi standar pelayanan publik dan kepatuhan yang ditetapkan oleh Ombudsman RI sesuai UU Nomor 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Oleh karenanya, langkah perbaikan dan penyempurnaan terus dilakukan sejak saat itu.

Ditjen Protokol dan Konsuler bekerja sama dengan Sekretariat Jenderal Kemlu telah menetapkan fokus utama untuk melakukan evaluasi kegiatan pelayanan publik dengan mengacu pada arahan yang ditetapkan Ombudsman RI.

Kebijakan tersebut mencakup aspek kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

Adapun renovasi besar dan secara intensif yang dilakukan Kemlu guna memenuhi 10 variabel yang diminta Ombudsman RI antara lain, standar ruang pelayanan publik yang mencerminkan semangat melayani dan terbuka,  penyempurnaan alur bisnis proses dan informasi layanan publik, penetapan Maklumat Pelayanan, Visi Misi, serta Motto layanan, penilaian kinerja, pengembangan sistem informasi layanan publik, pembangunan sarana dan prasarana fasilitas difabel, pengelolaan pengaduan, dan atribut pelayanan publik lainnya.

?Sebelumnya, Kemlu juga telah menerima anugerah penilaian Indeks Pelayanan Publik dengan predikat Sangat Baik bagi Direktorat Konsuler Ditjen Protokol dan Konsuler berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 10 tahun 2019. (kln)

  • Tags:
  • Pelayanan Publik
  • Inovasi
  • Reformasi Birokrasi
  • Ombudsman
  • Retno Marsudi

Lihat Juga

Jumlah Kasus Berkurang, Kades Dikriminalisasi Laporkan ke Satgas Dana Desa

Swasta Perlu Dilibatkan dalam Pengembangan Kawasan Perdesaan

Menko Polhukam: Dibutuhkan Keberanian Membangun Indonesia dari Pinggiran

Menteri Eko Lepas Kades, Pendamping Desa, dan Penggiat Desa Studi Banding ke Korea-China

Di Kawasan Transmigrasi, 20 Embrio Kota Kecil Berhasil Terbangun

Berita Terbaru

  • Malaysia Paling Banyak, Hingga Oktober 2019 Sudah 1,35 Juta Wisman Kunjungi Indonesia Selama 2019

  • Presiden: Ke Mana Berlibur Akhir Tahun? Di Dalam Negeri, Kita Kembangkan Destinasi Wisata Baru

  • Merentas Jalan Kemandirian Penyandang Disabilitas

  • Sleman Raih Anugerah Pesona Indonesia Kategori Ekowisata Populer

Terpopuler

  • 01

    Kapolda: 2 Anggota TNI Korban Ledakan Granat Asap di Monas

  • 02

    Peluang Besar Indonesia - Korea Kerja Sama Tumbuhkan Industri Kreatif

  • 03

    Kejar Target Bauran Energi 2025 Butuh Investasi EBT Hingga USD36,95 Miliar

  • 04

    The Straits Times Nobatkan Presiden Jokowi sebagai Asian of the Year 2019

  • 05

    Terobosan Lagi, Surat Pindah Bisa Diurus di Dukcapil Terdekat

  • 06

    Ini Daftar ASN Berprestasi Penerima Anugerah ASN 2019

  • 07

    Hindari Penyesatan Informasi, Kemenhub Imbau Masyarakat Hati-Hati Beli Tiket Pesawat ‘Online’

  • 08

    Sekjen: Kemenag Dukung Penuh Tindaklanjut Inpres Nomor 7 Tahun 2019

  • 09

    Merentas Jalan Kemandirian Penyandang Disabilitas

  • 10

    Peran Nyata Indonesia di Dewan Keamanan PBB

 

 

© Copyright 2019 jpp.go.id

  • Home
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • Disclaimer